Pengembangan Pribadi, Sosial & Emosional

Pengembangan sosial-emosional anak usia dini merupakan hal yang sangat penting pada usianya. Perkembangan sosial-emosional meliputi perkembangan dalam hal emosi,kepribadian, dan hubungan interpersonal.
Selama tahun kanak-kanak awal, perkembangan sosial-emosional berkisar tentang proses sosialisasi, yaitu proses ketika anak mempelajari nilai-nilai dan perilaku yang diterima dari lingkungan terdekat. Anak merupakan pribadi-sosial yang memerlukan komunikasi dengan orang lain. Anak ingin dicintai, ingin diakui dan dihargai. Dan tugas kita orang dewasa adalah memberikan pemahaman-pemahaman untuk menjadikan perkembangan sosial-emosional anak berkembang sesuai tahapannya.

Berawal dari hal-hal yang cukup sederhana yang dilakukan di Preschool Al Haraki adalah membiasakan anak-anak dengan 4 kata ajaib, yaitu maaf, terimakasih, tolong, dan permisi. Anak-anak dibiasakan untuk berbagi dengan teman-temannya, bergantian saat bermain dan bicara, mengantre, pantang menyerah, sopan santun, dsb, sehingga anak-anak sudah terbiasa untuk bersosialisasi dengan teman-teman mereka.
diharapkan siswa dapat menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkolaborasi, berkomunikasi, berkarakter Islami dan dapat menjalankan peran kewarganegaraanya dengan baik.

Flickr Album Gallery Powered By: Weblizar