Haraki Field Lab

Deskripsi Acara

           Field Lab  adalah kegiatan belajar secara langsung dengan melihat atau mempraktekkan hal yang dipelajari secara langsung. Kegiatan Field Lab merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan di SMPIT Al Haraki untuk para siswa di level 8.  Melalui kegiatan Field Lab peserta didik mempunyai pengalaman baru dalam belajar, semangat di dalam belajar, dapat merasakan suasana belajar yang berbeda, dan ilmu yang bermanfaat. Kegiatan Field Lab diharapkan dapat menjadi wadah bagi peserta didik untuk dapat mengexplore lebih dalam tentang kegiatan-kegiatan entrepreneur  di lapangan, baik itu yang berkaitan dengan kegiatan industri rumahan maupun industri pabrik.

Kegiatan kami berawal dari acara pembukaan dan di tutup dengan doa agar di beri kemudahan di perjalanan sehingga selamat sampai tujuan. Selanjutnya kami bersiap-siap menuju bus masing-masing. Perjalanan kami dari SMPIT Al Haraki ke PT Bumi Indosat Jatiluhur  kurang lebih 4 jam di karenakan kemacetan. Setelah sampai di PT Bumi Indosat Jatiluhur, Kami disambut dengan baik dan ramah oleh pihak PT Bumi Indosat Jatiluhur. Selanjutnya, kami diarahkan ke Aula. Disana, kami

Di sambut dengan film yang menjelaskan satelit palapa dari awal mengapa di namakan satelit palapa, proses pembuatan satelit, hingga satelit itu tidak dapat digunakan lagi, dijelaskan dengan sangat menarik dalam film tersebut. Setelah film selesai,sesi pertanyaan di mulai,beberapa siswa bertanya seputar film yang di tampilkan dan permasalahan tentang satelit yang mereka belum pahami. Setelah sesi tanya jawab selesai,kami di ajak ke gedung lain, yang saat dalam perjalanan kami melewati dan melihat satelit dari yang sudah tidak di gunakan hingga satelit yang masih digunakan ada di sekitar gedung tersebut. Saat sampai ke gedung lain,siswa di buat kelompok dan masuk ke dalam ruangan,yang ruangan tersebut digunakan  untuk melihat manfaat dari satelit yang amat berjasa dalam komunikasi

dan informasi.kami pun melanjutkan perjalanan menuju PT Bata,tiba di PT Bata kami melakukan makan siang yang dilakukan di dalam bus agar lebih efektif.

Di PT Bata kami di sambut ramah oleh karyawan,kami di arahkan ke kantin untuk mendengar penjelasan dari pihak PT Bata mengenai sejarah PT Bata,dan produk-produk apa yang dihasilkan oleh sepatu bata.Setelah mendengar penjelasan dari pimpinan dari PT Bata, kami di ajak langsung untuk melihat proses produksi pembuatan sepatu dan sandal. Di PT Bata terdapat beberapa departemen produksi yang tergantung dari jenis produk yang dihasilkan dan masing-masing departemennnya memiliki gedung atau pabrik yang berbeda tetapi dalam lingkungan yang sama. Dimana departemen tersebut yaitu rubber department,sandals/ladies summer shoes department, men summer shoes department dan canvas department.

Selain itu, dijelaskan pula produk lainnya dari sepatu bata yakni Marie Claire yang ditujukan bagi wanita yang mementingkan fashion sebagai gaya hidup, Power sepatu yang ditujukan untuk seseorang yang gemar olahraga basket,sepakbola atau olahraga lainnya dan B First sepatu yang ditujukan bagi anak-anak sekolah yang memiliki slogan Collection of school shoes sebagai motto penjualannya.

Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke destinasi selanjutnya yaitu Plered. Saat sampai sana kami melakukan shalat jamak takhir terlebih dahulu. Setelah itu kami melakukan sesi foto terlebih dahulu,kemudian kami di ajak ke aula untuk mendengarkan penjelasan. Setelah itu,kegiatan dilanjutkan dengan proses pewarnaan yang dilakukan dengan mencelupkan keramik yang beraneka bentuk ke dalam  cat minyak yang sudah di campurkan ke bensin yang menghasilkan perpaduan warna yang sangat bagus. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan membuat keramik sendiri.pada proses pembuatan keramik ini memerlukan tiga teknik yaitu pembentukan tangan langsung (Handbuilding), teknik putar (Throwing), dan teknik cetak (Casting), pada kegiatan ini siswa dapat membuat pot,vas bunga dan berbagai macam bentuk keramik yang menarik, yang hasilnya dapat di bawa pulang,namun karena keterbatasan waktu,keramiknya tanpa melalui proses pembakaran, jadi di bawa pulang dalam keadaan belum terlalu kering.namun tidak menghalangi antusias siswa pada kegiatan Field Lab yang di adakan ke PT Bumi Indosat Jatiluhur,PT Sepatu Bata dan UPTD Litbang Plered.

 

Flickr Album Gallery Powered By: Weblizar